Beranda | Artikel
Tata Cara Mentahnik Bayi (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)
Sabtu, 8 November 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Kholid Syamhudi

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ringkasan Kajian Fiqih Keluarga

Tata Cara Mentahnik Bayi

Tahnik adalah melembutkan kurma dengan mulut kemudian meletakannya di mulut sang bayi yang baru lahir dan menempelkannya di langit-langit bayi tersebut. Tahnik pada bayi ini merupakan salah satu amalan sunnah bagi seorang muslim yang mempunyai anak. Para ulama telah menjelaskan bahwa mentahnik bayi merupakan sunnah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di antara dalil yang mendasari tentang sunnahnya mentahnik bayi adalah:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

ذَهَبْتُ بِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ الْأَنْصَارِيِّ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ وُلِدَ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي عَبَاءَةٍ يَهْنَأُ بَعِيرًا لَهُ فَقَالَ هَلْ مَعَكَ تَمْرٌ فَقُلْتُ نَعَمْ فَنَاوَلْتُهُ تَمَرَاتٍ فَأَلْقَاهُنَّ فِي فِيهِ فَلَاكَهُنَّ ثُمَّ فَغَرَ فَا الصَّبِيِّ فَمَجَّهُ فِي فِيهِ فَجَعَلَ الصَّبِيُّ يَتَلَمَّظُهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حُبُّ الْأَنْصَارِ التَّمْرَ وَسَمَّاهُ عَبْدَ اللَّهِ

Simak penjelasan selengkapnya mengenai hal ini dengan mendownload ceramah agama dari seri fiqih keluarga ini.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Tata Cara Mentahnik Bayi

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/9337-tata-cara-mentahnik-bayi-ustadz-kholid-syamhudi-lc/